Kegiatan Penelitian Pembangunan Desa dari LIPI

LIPI sedang melakukan Focus Group Discussion (FGD) tentang pembangunan desa bersama warga masyarakat Desa Tanjungsari

Tanjungsari, April 2018. Desa Tanjungsari kedatangan tamu dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang disambut langsung oleh aparatur pemerintah desa yang diwakili sekertaris Desa Tanjungsari Edi Supriadi, S.Pd.I. Tujuan penelitian tersebut dalam rangka mendapatkan informasi yang akurat dibidang pembangunan desa, penelitian ini mencakup proses perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan.

“Desa Tanjungsari merupakan salah satu target penelitian dari ribuan desa yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya karena adanya transfaransi pada ruang-ruang publik” demikian dikatakan salah satu peneliti.

Pada kunjungannya para peneliti yang dilakukan oleh Bapak Moch. Nurhasim, Jamalulail, Heru Cahyono dan Agus R. Rahman. Para peneliti mengawalinya dengan menggali informasi seputar pembangunan desa langsung dari masyarakat bawah, untuk mendapatkan data yang akurat tentang proses pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Tanjungsari Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka.

Pada hari yang sama peneliti juga mengunjungi BPMD Kabupaten Majalengka untuk mencari keselarasan arah pembangunan yang dilakukan oleh desa-desa serta kebijakan Pemerintah Kabupaten Majalengka terutama mengenai pembangunan dari sumber Dana Desa (DD) Tahun 2017.

Kunjungan diakhiri dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan warga masyarakat Desa Tanjungsari yang diwakili dari unsur pemerintah desa, BPD, LPM, PKK, RT/RW, pendidik, tokoh adat, tokoh agama serta tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan ini Pjs. Kepala Desa Tanjungsari Bpk. Ade Surahim memberikan informasi seputar profil desa, sementara warga masyarakat memberikan informasi yang biasa dilaksanakan oleh warga tentang proses perencanaan serta pelaksanaan pembangunan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan