Harapan Kepala Desa Tanjungsari : Para Petani Dapat Mengikuti Asuransi Usaha Tani Padi

“Alam ini banyak memberikan solusi terhadap permasalahan petani, tinggal bagaimana para petani dapat mengolahnya”

Tanjungsari – Kepala Desa Tanjungsari Bapak Tasrip dalam rangka meninjau panen padi di tanah milik desa (bengkok), berharap agar para petani dapat mengikuti program asuransi pertanian dengan menggunakan produk Asuransi Usaha Tani Padi ( AUTP ).

“Untuk mengantisipasi gagal panen, para petani seyogianya dapat mengasuransikan modal bercocok tanam (bertani). Hal ini akan memberikan jaminan keamanan jika saja panen kita mengalami kegagalan” ujar Bapak Tasrip kepada para petani.

Sejatinya bidang usaha bercocok tanam padi sangat tergantung pada iklim dan lingkungan. Ini artinya, kecenderungan akan terjadinya gagal panen sangat tinggi. Karena iklim saat ini senantiasa berubah-ubah. Sementara itu, beras merupakan kebutuhan pokok mayoritas masyarakat Indonesia. Jadi untuk keberlanjutannya, para petani perlu mendapatkan perlindungan berupa asuransi dari pemerintah.

Selain itu Bapak Tasrip memberikan TIP dan TRIK cara penanganan hama padi kepada para petani. “Sebetulnya alam ini banyak menyediakan obat-obatan terutama bagi hama padi. Hanya saja kita belum tahu cara pembuatan dan manfaatnya serta masih ketergantungan terhadap obat-obatan kimia” lanjutnya lagi.

“Seekor lalat di kedua sayapnya menyimpan bibit penyakit juga penawarnya. Hal ini juga berlaku pada penanganan hama padi, jika hama yang menyerang berupa kungkang atau sejenisnya, maka obatnya pula hewan-hewan tersebut. Begitu pula dari jenis tanam-tanaman dapat dijadikan alternatif untuk penanganan hama padi, tinggal bagaimana kita mau belajar mengelolanya” tambahnya sambil mencontohkan.

“Cara pembuatannya juga sederhana, hewan-hewan tersebut dilumat sampai halus, kemudian disemprotkan ke tanaman padi. Insya Allah dengan cara yang sederhana ini dapat membantu terhadap serangan hama dan meminimalisir biaya pembelian obat-obatan.” pungkasnya.

Untuk mengetahui lebih jauh, bagaimana cara penanganan hama padi dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah disediakan alam. Ikuti terus channel kami di www.tanjungsari.desa.id

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan