RENCANA KERJA PEMERINTAH DESA TAHUN 2018

Pada akhir bulan September 2017 yang lalu tepatnya hari Kamis tanggal 28 September 2017 bertempat di Kantor Desa Tanjungsari telah dilakukan musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa Tanjungsari untuk Tahun 2018. Materi yang dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan Desa ini yaitu Rancangan RKPDesa 2018 serta pagu Indikatif Desa yang diperkirakan akan masuk ke Desa Tanjungsari pada Tahun 2018. Sementara yang bertindak selaku unsur pimpinan musyawarah H. A. Romli Martinez (Ketua BPD Tanjungsari); notulen Edi Supriadi, S.Pd.I (Sekretaris Desa) dan narasumber Bapak Tasrip (Kepala Desa Tanjungsari).

Pada kegiatan ini menyepakati beberapa hal yang menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah Desa dalam rangka Penetapan RKP Desa Tahun 2018 yaitu: 1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, diantaranya Penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa, tambahan penghasilan kepala desa dan perangkat desa, operasional penyelenggaraan pemerintah desa, insentif RT/RW serta operasional lembaga desa; 2. Pembangunan Desa, diantaranya Hotmix jalan desa, rabat beton jalan gang, jembatan, relokasi posyandu, senderan saluran air dan saluran pembuangan air limbah; 3. Pembinaan Kemasyarakatan Desa diantaranya, pembinaan pemuda dan olah raga, pembinaan kerukunan umat beragama, pembinaan sosial dan budaya, dan pembinaan lembaga posyandu; 4. Pemberdayaan masyarakat desa diantaranya peningkatan kafasitas petani, panataan dan pengolahan data wisma; serta 5. Belanja Tak terduga diantaranya belanja pemilihan kepala desa.

Dari jumlah kegiatan yang diprioritaskan, ada beberapa kegiatan yang tidak memungkinkan untuk direalisasikan pada Tahun 2018 mengingat anggaran yang dibutuhkan tidak mencukupi. Kegiatan-kegitan tersebut diantaranya: relokasi pasar desa, relokasi poskesdes, pembangunan GOR desa, pembangunan sanggar seni dan pelatihan. Menurut Kepala Desa Tanjungsari Bapak Tasrip “Untuk kegiatan yang belum terdanai tersebut mesti ada tahapan pembangunan yang sejatinya tidak dapat direalisasikan 1 atau 2 tahun, mengingat kegiatan tersebut membutuhkan anggaran yang tidak sedikit” imbuhnya.

“Sebagaimana yang tertuang dalam Visi-Misi saya, program kegiatan tersebut merupakan prioritas namun hal tersebut terkendala dengan masa akhir jabatan. Oleh karena itu, semoga kepala desa selanjutnya dapat merealisasikan rencana yang belum dapat terdanai tersebut” lanjutnya lagi.

Akhirnya apa yang menjadi rencana kerja pemerintah Desa Tanjungsari pada Tahun 2018 dapat terealisasi dengan lancar.

Untuk melihat Visualisasi Materi RKPDes 2018, klik video dibawah ini

 

Facebook Comments

3 Comments

  1. Nah yang begini ini gue demen deh… dari mulai perencanaan sdh partisipatif apalagi di pelaksanaan harus lebih melibatkan peran serta masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat… bravo u/ pak kades dan masyarakatnya… pertahankan dan tingkatkan u/ pembangunan desa lebih baik lagi agar bisa diteladani oleh desa-desa di kab. Majalengka dan Jabar serta Indonesia pada umumnya agar lebih transparan dan akuntable.

Tinggalkan Balasan