SEPARUH JALAN KNM UNMA TELAH MEMBERI DAMPAK NYATA BAGI WARGA DESA

Pelaksanaan Kuliah Nyata Mahasiswa Universitas Majalengka 1 s.d 30 Agustus 2017 sebagai wujud nyata kepedulian terhadap warga desa

Tanjungsari-Minggu, 20 Agustus 2017. Pada tanggal 1/8/2017 kami kedatangan rekan-rekan mahasiswa dari Universitas Majalengka dalam rangka Kerja Nyata Mahasiswa (KNM). Hari pertama rekan KNM mahasiswa UNMA setelahnya bertatap muka dengan Kepala Desa serta Perangkat Desa langsung terjun menyisir lingkungan desa untuk melaksanakan pendataan awal potensi dan permasalahan yang terjadi di Desa Tanjungsari. Jumlah peserta KNM UNMA berjumlah 31 orang dari 8 fakultas dan 12 program studi (daftar peserta) klik disini.

Walaupun KNM yang dilaksanakan dirasa cukup singkat, namun kami melihat kesungguhan dari rekan-rekan KNM UNMA sungguh luar biasa, hal ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sampai dengan saat ini, disamping program kegiatan rutin seperti : memberikan keterampilan bagi anak sekolah, bimbel TIK, bimbel bahasa inggris, kelas mengaji, kajian remaja mesjid, senam serta pelatihan pencak silat. Begitu pula kegiatan yang sifatnya menyesuaikan, karena yang menjadi titik sasarannya warga desa diantaranya :

  1. Kunjungan dan promosi UKM dilaksanakan setiap hari (Kerajinan Anyaman, Opak Mak Onding, Daur Ulang Cangkang Kopi, Kerajinan Nasi Aking, Kerajinan Sangkar Burung, Kerajinan Kaligrafi)
  2. Loka Karya 1 (Penyuluhan dan pemanfaatan sampah organis dan non-organik serta pemberian bantuan tong sampah)
  3. Membantu Pelayanan Posyandu bagi anak-anak balita
  4. Ikut terlibat dalam kepanitian PHBN (HUT RI ke-72)

Semua kegiatan yang dilakukan KNM UNMA mendapat apresiasi dari warga masyarakat dan pemerintah serta lembaga desa, karena dirasakan kegiatannya nyata berdampak positif bagi warga itu sendiri. Menurut salah satu peserta KNM rencananya masih banyak kegiatan-kegiatan yang belum terealisasi “Kami masih ada agenda kegiatan yang belum dilaksanakan, mengingat jadwal telah kami susun dan kami senantiasa melakukannya sesuai perencanaan” tandasnya.

“Kegiatan yang akan kami laksanakan selanjutnya: loka karya 2 berupa perpisahan dengan menampilkan peserta didik yang telah kami latih, penyuluhan pemanfaatan pekarangan rumah, kamipun akan melanjutkan penyuluhan dan pemanfaatan sampah karena baru dilaksanakan di beberapa RT saja’ lanjutnya.

Harapan-harapan tersirat dari raut wajah masyarakat Desa Tanjungsari, semoga kedepan kegiatan-kegiatan serupa dapat berkelanjutan. Akhirnya kami atas nama Pemerintah Desa Tanjungsari walaupun kegiatannya belum berakhir, tidak ada salahnya kami ucapkan terima kasih pada Rektor, Dekan, Pembimbing, dan staf lainnya serta terutama pada rekan-rekan KNM UNMA semoga apa yang telah dilakukan mendapat balasan Allah SWT dan menjadikan pengalaman/bekal yang berharga setelahnya terjun di lingkungannya masing-masing. Amiiin

Foto : Lala Karsila

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan