SEMARAK HUT RI KE-72

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-72, Pemerintah Desa Tanjungsari menggelar berbagai kegiatan olah raga, sosial, pemberdayaan dan kegiatan lainnya.

Tanjungsari Jum’at, 18 Agustus 2017. Semarak menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72 di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukahaji Tahun 2017 bergema sampai ke pelosok perbatasan desa. Rangkaian kegiatan di mulai oleh lomba pertandingan bulu tangkis antar RT, tanggal 6 s.d 12/8/2017 dengan juara I pasangan Edi J. Sumbaga P dengan Ali perwakilan RT 008.

Kegiatan kedua berlangsung pada tanggal 12 s.d 13/8/2017 dengan kegiatan pertandingan bola voli putra dan putri antar RT. Keluar sebagai juara I bola voli putri perwakilan dari RT 002, sementara putra dimenangkan oleh perwakilan RT 001.

Puncak peringatan HUT RI ke-72 di awali pada malam tanggal 17/8/2017 dengan doa bersama serta renungan sejarah perjuangan bangsa yang di selenggarakan di mesjid Jamie Al-Fallah dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, lembaga desa dan tamu undangan lainnya. Pada acara doa bersama dibacakan ayat-ayat suci Al-Quran dan shalawat nabi yang dipimpin oleh Ketua MUI Desa Tanjungsari Bpk. K. Emuh Muhyidin. Keesokan harinya kegiatan dilanjutkan dengan upacara pengibaran bendera merah putih yang diselenggaran di Kecamatan Sukahaji tepatnya lapangan bola Desa Cikalong bertindak sebagai insfektur upacara Bpk. Oman Suratman, M.Si selaku Camat Sukahaji.

Acara dilanjutkan dengan arak-arakan/pawai pembangunan atau potensi desa-desa sekecamatan Sukahaji. Pada kegiatan arak-arakan Desa Tanjungsari menampilkan potensi yang ada di desa, yaitu hasil kerajinan anyaman berupa Boboko dan Kipas Raksasa buah karya warga RT 009 sebagai pemenang lomba kerajinan anyaman tingkat desa. Sementara untuk pentas seninya ditampilkan pencak silat dari perwakilan RT 002 pimpinan Abah Sodikin. Dari tampilan arak-arakan yang ditampilkan oleh Desa Tanjungsari, menurut Bpk. Tasrip selaku Kepala Desa Tanjungsari mempunyai simbol tersendiri “Boboko/Bakul merupakan perlambang dari intitusi pemerintah desa yang mengedepankan adat istiadat lokal dalam upaya mewadahi aspirasi warganya dalam mencapai cita-cita bersama. Sementara Nasi Kuning yang berada di dalamnya dengan untaian rumbai-rumbai yang terbuat dari dedaunan melambangkan dalam mencapai cita-cita bersama dengan memberikan kesejahteraan yang merata pada warganya (sugih sandang, pangan dan papan). Kipas bambu melambangkan dalam pencapaian cita-cita tersebut haruslah diraih dengan aman, damai, dan berkeadilan yang disertai prinsif-prinsif transparansi dan akuntabel” tandasnya.

Pada perhelatan HUT RI ke-72 tingkat kecamatan disamping menampilkan arak-arakan pembangunan serta pentas seni, juga diperlombakan Nasi Tumpeng antar desa. Dalam perlombaan kali ini Desa Tanjungsari menyertakan olahan tumpeng hasil karya RT 003 sebagai pemenang lomba tumpeng tingkat desa pada acara Hari Jadi Desa Tanjungsari yang ke-34. Harapan Kepala Desa Tanjungsari Bpk. Tasrip “Kami sengaja menampilkan karya-karya warga desa yang diwakili oleh RT sebagai pemenang lomba tingkat desa, semata-mata untuk memberikan motivasi serta pendidikan pemberdayaan bagi masyarakat” lanjutnya.

Kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 tidak cukup sampai disini, masih ada agenda kegiatan yang rencananya akan diselenggaran pada tanggal 19 s.d 27/8/2017 yaitu Sepak Bola antar RT dan mini soccer bagi anak-anak, belum lagi kegiatan yang diselenggarakan di masing-masing lingkungan RT. “DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72” Merdeka!!! Merdeka!!! Merdeka !!!

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan