Rapat Koordinasi Kepala Desa Se-Kecamatan Sukahaji Tahun 2017

Sukahaji – Pada hari Selasa tanggal 11 Januari 2017 bertempat di Aula Kecamatan Sukahaji menyelenggarakan koordinasi para Kepala Desa dan UPTD yang ada di Kecamatan Sukahaji. Agenda yang dibahas, diantaranya sosialisasi kesehatan dan subsidi listrik serta pengadministrasian desa.

Pada kesempatan ini Camat Sukahaji menekankan untuk pengadministrasian desa tahun 2016 desa-desa harus sudah mengirimkan laporan kepada Bupati Majalengka melalui Camat Sukahaji akhir Januari 2016 diantaranya: LPPD, LPJ APBDes 2016, RKPDes 2017, RAPBDes 2017 dan laporan-laporan lainnya. “Saya ucapkan terima kasih kepada desa-desa yang telah menyelesaikan pengadministrasian desa, dan saya himbau kepada desa lainnya yang belum menyetorkan harap segera mengirimkan melalui kecamatan sukahaji. Catatan untuk LPPD/Laporan Kepala Desa harus menyesuaikan dengan Permendagri 46 Tahun 2016” tandasnya. Selanjutnya camat juga menekankan untuk peng-SK-an pendataan data wisma harus per 20 KK satu orang petugas, sementara yang berjalan selama ini SK diperuntukkan secara keseluruhan. Begitu juga alokasi anggarannya harus di anggarkan dari APBDes desa masing-masing.

Sementara Sekcam Kecamatan Sukahaji memaparkan sosialisasi subsidi listrik, dikatakannya bahwa iuran listrik yang masih mendapatkan subsidi dari pemerintah sebagaimana Peraturan Menteri ESDM No. 28 Tahun 2016, konsumen rumah tangga daya 900 VA dikelompokkan menjadi dua golongan tarif: 1. pelanggan listrik dengan kategori tarif R-1/900 VA yaitu untuk konsumen miskin dan tidak mampu masih mendapatkan subsidi; 2. pelanggan listrik dengan kategori tarif R-1/900 VA RTM yaitu untuk konsumen mampu tidak mendapatkan mendapatkan subsidi dengan kenaikan secara bertahap mulai 1 januari 2017. Demikian untuk ditindaklanjuti oleh desa kepada warganya dengan pengisian formulir pengaduan.

JPEG_20170111_104912_-1121612982Kepala Desa Tanjungsari Bpk. Tasrip (menggunakan pakaian adat sunda) menyoroti pengadministrasian desa terutama RKPDesa berharap “kalaulah bisa pagu indikatif desa baik yang bersumber dari DD, ADD maupun sumber lainnya untuk tahun berikutnya, kami sudah mempunyai gambarannya pada bulan juni-juli agar kami pemerintah desa dapat mengalokasikan sesuai kebutuhan desa yang dimasukkan pada RKPDes tahun berikutnya”.

Foto : Tada Sudianto (Kasi Ekbang Desa Tanjungsari)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan